Jumat, 23 September 2011

Segmentasi pasar

Sebelumnya kita telah membahas mengenai perbedaan periklanan dengan pemasaran. sekarang kita akan mempelajari lebih dalam lagi tentang segmentasi pasar untuk beriklan. kita tidak bisa sembarangan memasang iklan tanpa tahu sasaran pasar konsumen kita. jadi tujuan melakukan segmentasi pasar adalah untuk merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di pasar tertentu.

Ada 4 metode yang digunakan dalam melakukan segmentasi pasar, yaitu:
1. demografis: berdasarkan usia, gender, pendidikan, agama, dan lain lain.
2. geografis: berdasarkan daerah, ukuran populasi, kepadatan penduduk, iklim, dan sebagainya.
3. behavioristis: berdasarkan manfaat-manfaat yang dicari oleh konsumen, atau loyalitas konsumen terhadap produk.
4. psikografis: berdasarkan gaya hidup atau kepribadian konsumen.

secara umum ada 4 jenis-jenis pasar:
1. consumer market: pasar konsumen yang terdiri dari orang-orang yang membeli produk dan servis untuk keperluan pribadi, keluarga, atau sehari-hari.
2. bussiness to bussiness: perusahaan-perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai operasional produksi mereka.
3. institutional market: pasar yang terdiri dari perusahaan laba dan nonlaba dari variasi luas. contohnya, rumah sakit dan sekolah.
4. Reseller: merupakan pengecer. pengecer dapat membeli produk setengah jadi maupun produk jadi, untuk dijual kembali dan mengambil keuntungan dari hasil penjualannya.

jadi, sebelum membuat iklan, kita perlu melakukan penelitian mengenai target pasar atau segmentasi pasar yang cocok dengan produk kita. kita juga perlu memahami jenis pasar kita sendiri, agar penargetan bisa dilakukan dengan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar