Jumat, 16 September 2011

definisi, prinsip periklanan, dan bedanya dengan pemasaran

kalau minggu lalu saya membahas tentang pengertian iklan, maka kali ini saya akan menjelaskan mengenai definisi periklanan secara formal, dan beberapa prinsip periklanan yang perlu diketahui.

menurut AMA (American Marketing Association)
periklanan adalah bentuk presentasi yang dibayar dari nonpersonal dan promosi gagasan, barang-barang atau jasa dari sponsor yang jelas.
sedangkan pemasaran adalah proses perancangan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi, dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu (konsumen) dan tujuan organisasi.

menurut PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia)
periklanan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
sedangkan menurut Philip Kothler, pemasaran adalah suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
menurut H.Nitsrom, pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
periklanan dan pemasaran sama dalam hal membujuk konsumen untuk memilih produknya daripada produk lainnya.

prinsip-prinsip periklanan:
1. iklan yang baik menghargai perhatian konsumen karena dibuat dengan ide-ide yang bagus. artinya, sebuah iklan harus dapat menarik perhatian orang dengan dibuat semenarik dan sekreatif mungkin.
2. tanggapan konsumen adalah titik awal dalam merencanakan dan menciptakan iklan. artinya sebelum membuat iklan kita perlu mencari tahu apa yang diinginkan dan yang dibutuhkan oleh konsumen.
3. periklanan menciptakan rangsangan yang tepat dan meninggalkan tanggapan (respon) yang diinginkan. artinya setelah kita selesai membuat suatu iklan. iklan itu harus bekerja sesuai dengan harapan kita, barulah namanya iklan itu berhasil.
4. periklanan hanya bisa dibuat khusus untuk satu macam produk atau jasa saja. artinya, sebuah iklan tidak dapat digunakan untuk iklan produk lainnya. intinya satu iklan hanya untuk satu produk.

demikianlah beberapa prinsip-prinsip dasar dari periklanan yang mungkin dapat menuntun kita dalam membuat suatu iklan nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar