Jumat, 02 Desember 2011

pameran ALL PRINT INDONESIA 2011

Pada tanggal 2 – 5 November 2011 diselenggarakan sebuah pameran percetakan yang berjudul “ALL PRINT INDONESIA 2011” yang bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran. Kami pergi pada hari kedua pameran, yaitu tanggal 3 November 2011.
Awalnya kami berpikir pameran seperti ini hanya dikunjungi oleh orang-orang tertentu dan tidak terlalu ramai, namun diluar dugaan pameran ini sangat ramai dan banyak dikunjungi oleh orang dari berbagai kalangan termasuk mahasiswa.
Disana kami juga melihat ada mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Pameran ini tidak hanya diikuti oleh perusahaan dari Indonesia saja, tetapi juga perusahaan dari luar negeri, seperti Korea, Cina, dan Jerman.
Orang-orang yang kami temui juga sangat ramah, mulai dari sales promotion hingga manager nya bersedia melayani pertanyaan-pertanyaan kami dengan ramah. Mereka banyak memberi pengetahuan baru pada kami. Tidak hanya pengetahuan, mereka juga memberikan souvenir-souvenir pada kami, seperti tinta printer, kalender, dan pulpen.
Banyak hal-hal baru yang kami dapatkan dari pameran ini. Diantaranya, kami jadi mengetahui berbagai jenis mesin cetak untuk setiap jenis kertas yang berbeda. Tidak hanya itu kami juga mengetahui perbedaan antara cetakan untuk in-door dan out-door. Serta jenis-jenis tinta beserta kertas yang biasa digunakan untuk digital printing.
Kami juga mendapat informasi tentang tas yang bisa dicetak serta mesin yang digunakan untuk mensablon baju. Di pameran tersebut kami juga menemukan mesin untuk mencetak piala dari kristal beserta name badges, dan untuk mencetak acrylic.
Berikut beberapa penjelasan mengenai MESIN digital printing yang kami temukan : 
  1. Water Based Printer
Ini adalah printer yang digunakan untuk mencetak material in-door (khusus untuk dalam ruangan). Contohnya biasa digunakan untuk memcetak pamflet, sticker, kalender, poster, in-door banner.  
2. Solvent  Printer
Mesin printing ini khusus digunakan untuk mencetak material yang digunakan untuk out-door ( luar ruangan ) seperti baliho, spanduk, banner out-door.
3. Mesin Gravier 
Mesin yang digunakan untuk mencetak kayu, besi, bahan acrylic yang cenderung keras. 
4. Mesin Laminating
5. Mesin Foto Copy
6. Mesin Cetak LED 
Mesin ini berbeda dengan mesin cetak umumnya, karena menggunakan LED bukan menggunkan laser seperti pada mesin cetak umumnya. Kelebihan dari mesin ini adalah prosesnya yang lebih cepat karena menggunakan LED sehingga proses pembacaaan data dapat lebih cepat dan dapat mencetak banner atau kalender hingga 1,2 m.

Selanjutnya kami juga akan KERTAS yang terdapat dalam pameran tersebut, diantaranya :
1.      Matte / Doff Paper
Kertas jenis ini memiliki kemampuan menyerap tinta yang baik dan tidak memantulkan cahaya. Lebih awet dan juga tidak lengket. Biasa digunakan untuk mencetak foto dengan baik.

2.      Double – Side Paper
Kertas jenis ini memiliki keistimewaan karena dapat digunakan untuk mencetak pada kedua sisinya. Hasil cetakannya biasanya tidak terlalu mengkilap. Biasa digunakan untuk mencetak pamflet.

3.      Premium Glossy Foto Paper
Kertas ini biasa disebut dengan kertas glossy. Kertas ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan cetakan dengan hasil yang lebih mengkilap dan umumnya digunakan untuk mencetak foto yang beresolusi tinggi. Harga kertas ini cenderung lebih mahal.

4.      Sublime Paper
Kertas ini biasa digunakan sebagai perantara apabila kita ingin mentransfer gambar ke t-shirt (kaos), kertas jenis ini mampu memindahkan tinta dengan maksimal ke t-shirt.

Selain mesin serta jenis kertas, kami juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai jenis-jenis tinta yang biasa digunakan dalam dunia digital- printing, yaitu :

1. SOLVENT INK ( Tinta Solvent )
 Tinta ini khusus digunakan untuk hasil cetakan yang akan digunakan diluar ruangan ( out- door ). Tinta ini umumnya digunakan untuk mencetak banner out-door, baliho, banner untuk reklame. Kemampuan yang dimiliki tinta ini adalah umumnya tinta ini mampu bertahan diluar ruangan hingga 3-5 tahun. Dan akan jadi lebih awet dengan proses laminasi ( penambahan lapisan seperti plastik ).

Tinta ini dahulu tidak terlalu ramah lingkungan, dan memiliki bau yang cukup menyengat jika dicium. Namun kini tinta ini telah memiliki varian baru dengan formulasi yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan, serta tidak memiliki bau yang menyengat.
 Tinta solvent jenis ini disebut tinta Mild-Solvent dan memiliki harga yang lebih tinggi dari tint solvent sebelumnya (Standar- Solvent).

2. WATER BASED INK
     Jika solvent adalah tinta yang khusus digunakan untuk mencetak material di luar ruangan, maka water based lebih dikhususkan untuk mencetak material didalam ruangan ( in-door ). Tinta ini umumnya digunakan untuk poster, pamflet, kartu nama, dll. Tinta ini bisa juga digunakan untuk mencetak material diluar ruangan, hanya saja hasilnya tidak akan seawet tinta solvent.

3. SUBLIMASI INK
     Tinta ini termasuk tinta jenis water based. Umumnya digunakan untuk mencetak mug, kaos, gantungan kunci, keramik, dll.

Demikian beberapa pengetahuan baru yang kami terimadan yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya masih banyak mesin-mesin yang sangat rumit dan tidak dapat kami deskripsikan.  Mungkin masih banyak hal lain yang belum sempat kami lihat disana karena keterbatasan waktu. Selain itu, ada juga beberapa stand yang tidak dapat kami kunjungi karena perbedaan bahasa. Beberapa dari mereka ada yang berasal dari China dan untuk berkomunikasi dengannya kita harus menggunakan bahasa mandarin. Ada pula teman saya yang bertemu dengan seorang manager dari Korea. Itulah salah satu yang menjadi hambatan kami dalam mencari informasi.
Walaupun kami masih baru dalam dunia percetakan, namun sekarang kami menjadi sedikit lebih paham mengenai percetakan. Pameran seperti ini sangat berguna dan bermanfaat, banyak pengalaman dan pengetahuan yang kami dapat. Dan tentunya tidak ada kata penyesalan bagi kami setelah mengunjungi pameran ini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar