Jumat, 02 Desember 2011

BRAND, IKLAN, TANTANGAN KOMUNIKASI

10 kategori membuat iklan:
1. nama produk
produk harus diberi nama untuk mengidentifikasikannya dari produk lain. nama bisa juga disebut brand. nama produk harus dibuat semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian dan mudah diingat.
2. produk itu sendiri
dalam setiap iklan, produk yang diiklankan wajib ditunjukkan meskipun hanya merek saja.
3. packaging (kemasan)
dalam mengiklankan suatu produk harus dikemas semenarik mungkin agar setidaknya dapat menarik perhatian dan minat konsumen untuk melihat iklan tersebut.
4. bagaimana produk itu dibuat.
ada beberapa iklan yang memperlihatkan proses pembuatan produknya. usaha ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk.
5. sejarah produk
ada juga iklan yang menceritakan sejarah singkat dari suatu produk dan sejarah tersebut diceritakan semenarik mungkin.
6. sesuatu disekitar kita
iklan ini dilakukan dengan menhubungkan segala hal disekitar kita dengan produk yang diiklankan.
7. apa yang terjadi tanpa produk
iklan ini dilakukan dengan cara menunjukkan akibat-akibat yang terjadi jika konsumen tidak menggunakan produk yang diiklankan. 
8. apa yang terjadi dengan produk
 kebalikan dari sebelumnya, iklan dengan cara ini menunjukkan manfaat yang didapat jika menggunakan produk yang diiklankan.
9. apa yang terjadi dengan dan tanpa produk
iklan dengan kategori ini menunjukkan perbandingan antara manfaat penggunaan produk dan akibat jika menggunakan produk lain.
10. media yang digunakan untuk iklan
 media dalam beriklan juga sangat penting. iklan dapat memanfaatkan media televisi, radio, surat kabar, poster, spanduk, dan reklame. masing-masing media ini dapat mempengaruhi efektivitas dari pesan iklan yang disampaikan.


tantangan komunikasi
brand harus dikomunikasikan dan difokuskan pada brand dan cara perusahaan menampilkannya melalui:
1. konsistensi presentasi. strategi dengan menggunakan elemen-elemen seperti logo, gaya, tone, identitas, dengan integritas produk sehingga ada konsistensi antara iklan dengan produk.
2. internal komunikasi. strategi komunikasi dan pesan sebaiknya diberitahukan kepada karyawan perusahaan pada semua tingkatan organisasi.
3. support pasar. perusahaan sebaiknya menyediakan pendukung komunikasi untuk pasar lokal dan memasukkan kebutuhan produk.
4. efisiensi. setiap perusahaan ingin meraih keuntungan dalam komunikasi mereka dengan cara lebih berhati-hati dalam menentukan target audiens, mengelola sumber-sumber, merencanakan dan mengontrol budget, memelihara kemampuan komunikasi personal.


 10 kunci brand yang kuat:
1. koherensi (keterkaitan)

2. konsistensi (berkelanjutan)
3. kredibilitas (kepercayaan)
4. integrasi (penggabungan)
5. diferensiasi (keunikan)
6. resiko
7. support (dukungan)
8. fokus
9. relevan
10. leadership (kepemimpinan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar