Jumat, 02 Desember 2011

EKSEKUSI PESAN IKLAN

keputusan eksekusi pesan iklan memerlukan  gaya tarik dari pesan iklan, yaitu:
1. daya tarik selebritis. banyak iklan yang menggunakan selebritis untuk menarik perhatian konsumennya. penggunaan selebritis bisa memperkuat dan mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut karena ada beberapa orang yang ingin menjadi seperti selebritis kesukaannya.
2. daya tarik humor. iklan yang dibuat dengan bumbu humor dapat memicu perhatian konsumen. bahkan ada orang yang sengaja mencari iklan-iklan lucu untuk ditonton. iklan humor juga bisa mermbuat konsumen menyukai iklan tersebut dan kemudian membelinya.
3. daya tarik rasa takut. cara ini digunakan dengan cara menyajikan contoh akibat jika tidak menggunakan produk tersebut. contoh: mencegah orang untuk merokok dengan cara memberitahu dampak-dampak dari rokok.
4. daya tarik kesalahan. cara ini dilakukan dengan cara memperlihatkan kesalahan yang didapat karena menggunakan produk lain.
 5. daya tarik komparatif. cara ini dilakukan dengan menyajikan perbandingan antara hasil dari produk lain dengan produk yang diiklankan.
 6. daya tarik positif/rasional. berfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk yang memberikan tekanan manfaat pada suatu merek.
7. daya tarik emosional. berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk. konsumen termotivasi untuk membeli umumnya bukan karena mengetahui kualitas prosuk lebih dalam, melainkan karena suatu produk dianggap lebih penting.

gaya dalam pelaksanaan pesan iklan:
1. menjual langsung. cara ini dilakukan dengan secara langsung menginformasikan produk kepada konsumen tanpa menggunakan basa basi lainnya.
2. potongan kehidupan. cara ini dilakukan dengan menghadirkan produk yang diiklankan sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan hidup sehari-hari.
3. gaya hidup. menunjukkan suatu produk sesuai dengan gaya hidup masa kini.
4. khalayan. menyajikan fantasi sebagai hasil dari penggunaan produk tersebut.
5. suasana atau citra. iklan dibuat dengan membangkitkan mood dan menunjukkan citra produk untuk menciptakan sugesti kepada konsumen.
6. simbol kepribadian. menciptakan karakter personifikasi dari produk tersebut yang dapat mewakili produk tersebut. karakternya dapat berupa orang, binatang, atau animasi.
7. keahlian teknis. menciptakan pendekatan keahlian, pengalaman, dan kebanggaan perusahaan dalam memproduksi produknya dengan teknis yang akurat.
8. bukti ilmiah. menyajikan bukti ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil survei untuk memperkuat kualitas produk.
9. bukti kesaksian. menyajikan komentar dan testimoni dari pengalaman konsumen yang telah menggunakan produk tersebut didepan khalayak umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar