Selasa, 01 November 2011

kriteria iklan yang bagus

jika sebelumnya kita telah membahas cara memposisikan produk kita di benak konsumen, maka iklan adalah salah satu caranya. dengan iklan yang bagus, kita dapat dengan mudah memposisikan brand ataupun produk kita. oleh karena itu, kita perlu mengetahui kriteria yang perlu dimiliki sebuah iklan.
menurut Djokolelono (creative director Grey Ads), sebuah iklan yang bagus harus memiliki syarat-syarat yang disebut SUPER A. antara lain:
1. Simple
sederhana dan mudah dimengerti. pengertian sederhana dapat diartikan tidak banyak elemen, namun komunikatif. komunikatif berarti mempunyai kekuatan untuk mengajak konsumennya berkomunikasi.
2. Unexpected
tidak terduga, unik, dapat menempatkan diri dalam benak pikiran masyarakat. iklan yang unik dan tak terduga kan lebih diingat oleh konsumennya. bahkan lebih dihargai dan akhirnya akan menjadi top of mind menurut segmentasi pasarnya.
3. Persuasif
meyakinkan, memiliki daya bujuk, dan pengaruh untuk membujuk orang sesuai keinginan dalam iklan tersebut. iklan yang persuasif tidak hanya mampu membuat audiens menyukai iklannya, namun juga mengingat brandnya. iklan persuasif tidak harus selalu lucu, namun bisa memainkan emosi audiensnya. ketika emosi audiens sudah terbawa, maka akan mudah bersimpati terhadap brand yang diiklankan.
4. Relevan
sebuah iklan harus saling berhubungan dengan brand produk tersebut. apapun cara penyampaian iklan, segala cara tersebut hanya untuk satu tujuan, yaitu brand produk tersebut.
5. Acceptable
bisa diterima secara pribadi. artinya iklan tersebut tidak melanggar aturan atau berlawanan dengan norma budaya tertentu. banyak iklan yang mengundang reaksi masyarakat karena dianggap melampaui nilai-nilai budaya tertentu. seperti di Indonesia yang masih menghormati budaya ketimuran, maka ide kreatif iklan terbatas pada nilai budaya ketimuran.

demikian beberapa kriteria dalam membuat iklan yang bagus menurut Djokolelono. bukan berarti sebuah iklan harus memenuhi kelima unsur tersebut, namun harus memiliki beberapa diantaranya agar bisa menjadi iklan yang bagus. seperti yang kita ketahui saat ini, kebanyakan orang mengategorikan iklan lucu adalah iklan yang bagus. padahal mungkin saja iklan itu hanya mengandung satu unsur persuasif saja, tapi tetap saja dapat dikatakan iklan bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar